Saturday, April 30, 2016

Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan

Setelah pada pembahasan kemarin membahas mengenai beberapa manfaat dari buah strawberry, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa manfaat yang dimiliki dari buah  Blueberry. Seperti halnya dengan buah strawberry, buah yang satu ini juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti resiko serangan jantung maupun kanker.

Mengonsumsi buah memang sangat disarankan untuk mendapatkan nutrisinya. Meskipun buah blueberry memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi memilikibanyak manfaat dan keuntungan bagi tubuh, Sekedar memberikan informasi kepada Anda, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa manfaat dari buah blueberry bagi kesehatan tubuh. Langsung saja ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan

Membantu dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah blueberry yang pertama adalah membantu dalam meningkatkan daya tahan pada tubuh. Buah blueberry diketahui mengandung sejumlah antioksidan alami yang baik untuk membantu memperkuat daya tahan pada tubuh serta mengatasi radikal bebas. Adapun sebagian besar antioksidan yang terkandung di dalam buah blueberry diantaranya seperti antosianin yakni pigmen warna biru pada buah blueberry. Nah untuk Anda yang ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat ada baiknya rajin berolahraga dan juga mengonsumsi buah-buahan termasuk buah blueberry.

Membantu Mempertajam Penglihatan

Selain membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh, buah blueberry ternyata juga bermanfaat dalam membantu mempertajam indera penglihatan. Ini dikarenakan di dlaam buah blueberry ini mengandung senyawa anthocyanosides yang diketahui dapat membantu dalam mempertajam penglihatan. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Archives of Ophtalmology menunjukkan bahwa makan 3 biji buah blueberry setiap harinya dapat membantu dalam mengurangi proses penurunan penglihatran di usia lanjut sampai dengan 36 persen.

Membantu dalam Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah blueberry berikutnya adalah membantu dalam melancarkan sistem pencernaan, Di dalam semangkuk buah blueberry terdapat kandungan serat sebanyak 4 gram atau bila dipersenkan mencapai 15 persen dari asupan tubuh yang diperlukan tiap harinya. Serat larut di dalam buah ini dapat menyerap sampai dengan 15 kali beratnya sendiri di dalam air. Dengan begitu dapat meningkatkan cairan pada usus serta membantu dalam melancarkan pencernaan.

Membantu dalam Mencegah Serangan Jantung

Manfaat berikutnya adalah membantu dalam mencegah terjadinya serangan jantung. Mengonsumsi buah blueberry tiap harinya juga bisa mengurangi ancaman dari serangan jantung. Pasalnya di dalam buah blueberry mengandung senyawa antioksidan alami tinggi yang dapat membantu dalam memperlebar arteri pada tubuh. Untuk sekedar informasi bahwa penyempitan arteri yang disebabkan karena kolesterol dapat berpengaruh pada kesehatan organ jantung.

Melawan Sel Kanker

Selain mencegah serangan jantung, buah blueberry juga bermanfaat dalam melawan sel kanker. Ini disebabkan di dalam buah blueberry mengandung senyawa fenolik yang diketahui bisa menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan wanita yang mengonsumsi buah blueberry diketahui dapat mengurangi terjadinya resiko kanker pada ovarium.

Membantu Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat buah blueberry yang terakhir pada pembahasan ini adalah membantu dalam menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Blueberry merupakan salah satu buah dengan indeks glikemis rendah. Hal tersebut membuat buah blueberry memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah terutama bagi mereka penderita diabetes. Nah untuk itu makan 5 buah blueberry tiap harinya baik untuk tubuh.

Baca



No comments:

Post a Comment